Keberadaan kegiatan pengarsipan atau kearsipan di Fisip Unmul adalah setua sejarah Fisip Unmul. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya arsip-arsip dokumen ketika awal mula Fakultas ini didirikan. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi, kegiatan dan metode pengarsipan dari tahun ke tahun terus berkembang ke arah perbaikan sistem pengarsipan sebagai respon dari peningkatan volume arsip, serta ke arah peningkatan efisiensi kerja dalam pengarsipan.

Tonggak baru kegiatan kearsipan dimulai sejak 2018 dengan diangkatnya beberapa staf Fisip Unmul dalam jabatan fungsional Arsiparis. Pada saat itu pula, dibentuk Record Center untuk mewadahi kegiatan arsiparis dan menampung hasil kegiatan penataan kearsipan. Record Center ini awalnya berlokasi di lantai III Dekanat; sekarang di lantai I bergabung dengan Bagian TU di bawah koordinasi Kabag TU.

Record Center atau Unit Kearsipan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini sekarang telah memodernisasi sistem kearsipan dinamis dan kearsipan statis. Untuk menangani arsip dinamis, digitalisasi arsip dan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) telah dilakukan. Untuk arsip statis, kategorisasi dan model penyimpanan arsip juga telah dibenahi/disempurnakan, termasuk pengonlinean arsip di web ini untuk memudahkan akses ke arsip-arsip statis yang banyak dan sering diperlukan.

Joomla templates by a4joomla